Anggota Komisi IV DPR Mendesak Para Dirjen yang Tak Memiliki Kinerja Baik Diganti

144 views

Jakarta (KN) – Viva Yoga Mauladi, anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi masalah pertanian mendesak Menteri Pertanian Suswono segera mengganti para Dirjen di Kementerianya yang tidak memiliki kinerja baik. Menurutnya. jika tak segera dilakukan, hanya membuat jalannya program pemerintah yang sudah disusun menjadi tersendat.
“Daripada dibiarakan kemudian yang dirugikan jutaan petani.  Jadi, lebih baik diganti saja. Karena menteri sebagai kuasa pengguna anggaran tidak mungkin mengurusi hal teknis soal tender. Tugas itu sudah didelegasikan pada para Dirjennya,” kata Viva Yoga kepada wartawan, Selasa (9/10).

Viva mengaku prihatin carut marutnya pengadaan paket pupuk tahun anggaran 2012 di Kementan. Hal ini berakibat pada keterlambatan penerimaan pupuk subsidi dikalangan petani.
“Bagaimana program ketahan pangan yang menargetkan untuk 10 juta ton surplus beras bisa terealisasi, jika ditingkat pengadaanya sudah ribut,” tegasnya.

Dia mendesak kepada Irjen Kementan segera turun kelapangan dan  melakukan audit invetigasi. Jika perlu, kata Viva,  Komisi Pemeberantasan Korupsi (KPK) juga harus ikut di dalamnya.

“Jika sampai nanti ditemukan masalah, maka semuanya  harus patuh karena sama didepan hukum. Jangan sampai masalah ini merugikan jutaan petani yang menunggu pupuk subsidi. Kementan harus segera membuat panitia lelang baru,  melakukan tender yang lebih transparan dan bersih,” pungkasnya. (dede)

 

Foto : Viva Yoga Mauladi, anggota Komisi IV DPR RI

Category: indeks, Nasional Tags: , , , , ,