65 RS Rujukan di Jawa Timur Terima Bantuan Alat Rapid Test

34 views

Surabaya (MediaKoranNusantara.com) – Tim Kuratif dari Gugus Tugas Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Pemprov Jawa Timur mulai membagikan alat rapid test pada 65 rumah sakit (RS) rujukan. Alat pendeteksi Covid 19 bantuan Kementerian Kesehatan dan Yayasan Buddha Tzu Chi itu total sekitar 18 ribu unit dan dibagikan sesuai tingkat kedaruratan tiap rumah sakit.Selain RS rujukan, alat rapid tes juga dibagikan untuk 38 Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota di Jatim. Sistem pembagian juga disesuaikan dengan jumlah pasien positif, pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP).

Hal yang menjadi prioritas adalah RS yang paling banyak menerima pasien Covid 19 dan juga wilayah yang masuk zona merah. Saat ini terdapat delapan kabupaten/kota yang masuk kategori zona merah, yakni Surabaya, Magetan, Sidoarjo, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, dan Gresik.

Pembagian alat rapid tes dilakukan oleh Wakil Gubernur Jatim, Emil Elistianto Dardak, secara simbolis pada 10 RS rujukan. Sisanya dibagikan oleh tim kuratif yang dipimpin oleh Dirut RSU dr Soetomo, Joni Wahyuhadi pada seluruh RS rujukan dan Dinkes kab/kota.

“Untuk penggunaan alat kami prioritaskan para tenaga medis dan pasien ODP yang sekarang jumlahnya 3.055 orang. Tenaga medis ini yang paling beresiko, sehingga harus mengikuti rapid tes,” kata Emil saat dikonfirmasi di Gedung Negara Grahadi, Kamis (26/3/2020) malam. (KN04)

 

Foto : Wakil Gubernur Jatim, Emil Elistianto Dardak secara simbolis menyerahkan alat rapid test pada 10 RS rujukan

Category: Headline, indeks, Jatim Tags: , , , , , , , ,